Jasa Ekspedisi di Tengah Pesatnya Perkembangan Transaksi Online
25 Apr
0
April 25, 2017
Jasa Ekspedisi

Jasa Ekspedisi di Tengah Pesatnya Perkembangan Transaksi Online – Istilah online atau daring (dalam jaringan) telah meresap dalam keseharian kita. Istilah itu terkait dengan istilah seperti internet, website, atau sosial media. Agaknya dimanapun tempatnya, orang telah terbiasa dengan istilah-istilah ini. Internet telah menciptakan gaya hidup baru, khususnya di dalam transaksi ekonomi. Apa-apa yang dahulu mengandalkan pertemuan langsung kini bisa dijembatani dengan internet. Sejumlah aspek-aspek penghambat seperti waktu, tenaga, dana, maupun hambatan komunikasi bisa di atasi. Komunikasi dapat dilakukan dengan cepat, pertukaran menjadi semakin pesat.

Internet menjadi tempat bertemu para pembuat informasi dan pencari informasi, para penjual dan pembeli. Melalui website atau sosial media, kita dapat menyebarluaskan informasi atau menawarkan produk, di sisi lain dapat memperoleh informasi atau membeli produk.

Mari kita batasi batasan pada salah satu fungsi internet, yaitu sebagai ‘tempat’ transaksi ekonomi. Keberadaan media sosial seperti Instagram, Facebook, Whatsapp, dan Blackberry Messenger, atau marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, dan Jualo berperan besar meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap transaksi online. Lima atau enam tahun lalu banyak orang masih berpikir ulang untuk membeli lewat media-media tersebut, sementara banyak penjual masih mengganggap internet bukanlah sarana marketing yang potensial.

Kini, transaksi online perlahan menjadi kebutuhan. Orang semakin menyadari kepraktisan media online dalam bertransaksi. Ratusan ribu atau mungkin jutaan transaksi jual beli terjadi setiap hari. Dari waktu ke waktu jumlah orang yang mulai dan secara reguler bertransaksi online akan semakin bertambah. Terutama ketika kita tidak harus selalu berhadapan dengan komputer untuk menjual atau membeli sesuatu. Dengan smartphone di genggaman, transaksi bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Tidak lepas dari Jasa Ekspedisi

Ada hal penting yang tidak dapat diabaikan, setiap transaksi online tetap berhubungan dengan pekerjaan-pekerjaan offline. Secara online, penjual dan pembeli dijembatani oleh media sosial atau website. Secara offline, transaksi di antara keduanya dapat terselesaikan melalui keberadaan jasa ekspedisi. Sejumlah jasa ekspedisi besar sudah biasa dimanfaatkan orang untuk mengirimkan barang. Jasa-jasa semacam ini efisien untuk pengiriman dalam jumlah kecil, namun tidak dalam jumlah besar, jika mengingat biaya pengiriman per-kilogramnya terbilang tinggi bila dalam jumlah besar.

Sementara itu, perkembangan komunikasi online semakin meningkatkan jumlah pengiriman barang. Sejumlah jasa pengiriman tadi mulai memperluas layanannya dengan menambah lini pengiriman kargo, yang secara garis besar lebih murah dibandingkan layanan regulernya.

Di luar itu, masih banyak jasa-jasa pengiriman lain yang berani menawarkan harga lebih terjangkau. Jasa ekspedisi semacam ini lebih cocok bagi para pengusaha yang secara rutin mengirimkan barang dalam jumlah besar. Tidak hanya karena harganya lebih murah, juga karena pengiriman ini menjadi alternatif pengiriman barang yang tidak mau dilayani oleh jasa-jasa pengiriman ternama karena aturan perusahaan mereka.

 

Post Your Comments:

Your email address will not be published. Required fields are marked *